KONSEP PEMIKIRAN HUMANISME KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Al Ma'ruf, Al Ma'ruf (2019) KONSEP PEMIKIRAN HUMANISME KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AL MARUF_KONSEP PEMIKIRAN HUMANISME KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN IS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena berbagai peristiwa kerusuhan, kekerasan dan radikalisasi yang berkedok agama di beberapa tempat adalah akibat adanya eksklusivisme agama. Pada berbagai kasus kekerasan ini, agama telah menjadi sumber ketidakadilan dan ketidakharmonisan antar sesama umat manusia. Aspek humanisme menjadi salah satu wacana yang concern bagi pemikiran KH. Abdurrahman Wahid. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pemikiran humanisme KH. Abdurrahman Wahid. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan teknik literer. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemikiran Humanisme KH. Abdurrahman Wahid adalah humanisme religius, yaitu humanisme yang berdasarkan atas agama. Dalam Islam pandangan tentang humanisme dapat dieksplorasi dengan mengembalikan pemaknaan agama pada nilai-nilai kemanusiaan. Melalui ajaran-ajaran agama KH. Abdurrahman Wahid mentransformasikan pada kehidupan sosial, ekonomi, politik, masyarakat, kebudayaan, sampai pada masalah kenegaraan tanpa terlepas dari berbagai batasan-batasan agama. Sehingga manusia dapat hidup dalam masyarakat yang mempunyai berbagai keberagaman. Dan semua pemikiran tersebut relevan dengan tujuan pendidikan Islam yaitu menjadikan manusia yang memanusiakan manusia lain. Karena pendidikan Islam sangat bersinggungan sekali dengan kehidupan sosial masyarakat sehingga pendidikan Islam diharapkan dapat menjadi jawaban terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat. KH. Abdurrahman Wahid juga melihat bahwa pendidikan Islam pada hakikatnya adalah cara manusia dalam mengenali Tuhannya, dirinya dan alam sekitar. Maka pendidikan Islam dapat mengikuti alur yang sedang berkembang dengan melihat sosial-budaya sebagai akar prinsipnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Humanisme, Agama, Pendidikan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:27
Last Modified: 04 Dec 2019 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item View Item