UMI HAYATI, 1522406034 (2019) METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA SENTRA IMAN DAN TAQWA DI RA BANI MALIK LEDUG KEMBARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER _BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
skripsi full umi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan oleh guru untuk memberikan pelajaran kepada anak agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk menyampaikan materi sentra iman dan taqwa kepada peserta didik khususnya anak usia dini dibutuhkan metode yang bervariasi dan menarik dengan mempertimbangkan materi, situasi, minat, dan tingkat perkembangan anak. Atas dasar inilah penulis malakukan penelitian lapangan untuk mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam proses pembelajaran pada sentra iman dan taqwa di RA Bani Malik Ledug Kembaran Banyumas. Dalam skripsi ini terdapat rumusan masalah yang fokus penelitian yaitu apa saja metode pembelajaran anak usia dini yang diterapkan pada sentra Iman dan Taqwa di RA Bani Malik Ledug Kembaran Banyumas? Untuk mendapatkan data yang jelas penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam pembahasan penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan trianggulasi data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang penulis lakukan berlokasi di RA Bani Malik Jl. Jembatan Gantung RT 02 RW 06 Kedung Paruk, Desa Ledug Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran anak usia dini pada sentra iman dan taqwa di RA Bani Malik Ledug Kembaran Banyumas. Adapun subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas kelompok B, guru sentra iman dan taqwa RA Bani Malik Ledug. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran anak usia dini pada sentra iman dan taqwa di RA Bani Malik Ledug antara lain metode bercakap-cakap dan tanya jawab, metode demonstrasi, metode pembiasaan, metode bernyanyi, metode bercerita, metode ceramah, metode hafalan, dan metode penugasan. Sehingga penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran anak usia dini pada sentra iman dan taqwa di RA Bani Malik Ledug Kembaran Banyumas bervariatif dan antara metode yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Sentra Iman dan Taqwa |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 02:20 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 02:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6683 |
Actions (login required)
View Item |