STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Malikhatul, Hasna (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pada dasarnya setiap anak itu dikaruniai berbagai jenis kecerdasan. Tidak ada anak yang bodoh hanya saja setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda untuk itu sudah menjadi tanggungjawab guru, orang tua, dan masyarakat untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan. Salah satunya yaitu dalam kegiatan pembelajaran olahraga. Dengan mengikuti kegiatan pembelajaran olahraga yang ada di sekolah siswa mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan kecerdasan kinestetik siswa yang dilaksanakan melalui pembelajaran penjasorkes di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penellitian ini adalah kepala sekolah dan guru olah raga mata pelajaran penjasorkes MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Teknik analisis data yang digunakan adalah model intraktif menurut Miles dan Hubarman yang terdiri atas reduksi data, display data dan dilakukan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa strategi pengembangan kecerdasan kinestetik dilakukan dalam pembelajaran penjasorkes di MI Muhammadiyah Karanglewas Kisdul dengan menggunakan strategi permainan hitam hijau dan permainan zig-zag melalui aspek yang ada dalam kecerdasan kinestetik (keseimbangan, kelincahan, kekuatan, dan koordinasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Kinestetik, Dan Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:06
Last Modified: 02 Dec 2019 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item