PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU 01 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Restu Angga Permana, : 1423302074 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU 01 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Pembelajaran Qira’ah yang ditinjau dari segi linguistik dan non linguistik serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui problematika pembelajaran qira’ah dari segi linguistik dan non linguistik dan sebagai evaluasi untuk mengatasi problematika qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di pembelajaran qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di kelas VII MTs Ma’arif NU01 Kebasen Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, triangulasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh penulis yaitu problematika qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab dari segi linguistik meliputi: Problem Tata bunyi, Problem Tanda baca, dan Problem Tata Bahasa. Sedangkan problematika membaca dari segi non linguistik yaitu meliputi: problem pada siswa dan problem metode. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu: untuk problem tata bunyi dan tanda baca, guru membacakan materi terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk mengenalkan huruf dan bunyi huruf selain itu guru meminta siswa untuk menghafalkan mufrodat-mufrodat dengan artinya. Cara seperti ini bisa memudahkan siswa dalam mengatasi problem atau permasalahan yang ada didalam pembelajaran bahasa Arab dan bisa untuk mengembangkan kemampuan bahasa Arab. Untuk problem tata bahasa, upaya yang dilakukan oleh guru dengan cara menjelaskan materi tarkib dan memberikan contoh kalimat. Sedangkan untuk problematika dari segi non linguistik upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara memotivasi dan mendorong siswa supaya lebih bersemangat dalam belajara bahasa Arab, menambah metode, dan menambahkan jam pelajaran bahasa Arab di luar jam kelas. Kata Kunci : Bahasa Arab, Membaca, Problematika Qira’ah dalam pembelajaranbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Membaca, Problematika Qira’ah dalam pembelajaranbahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Nov 2019 03:28
Last Modified: 29 Nov 2019 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6661

Actions (login required)

View Item View Item