IMPLEMENTASI STRATEGY ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI KRANJI PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS

Suci, Rahmatika Fajriani (2019) IMPLEMENTASI STRATEGY ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI KRANJI PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SUCI RAHMATIKA FAJRIANI_IMPLEMENTASI STRATEGY ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas V SD negeri 02 Kranji Purwokerto Timur merupakan kelas yang sudah menerapkan strategy active learning pada pembelajaran tematik. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian di SD Negeri 02 Kranji Purwokerto Timur dengan meneliti tentang implementasi strategy active learning pada pembelajaran tematik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategy active learning yang terjadi di SD Negeri 02 Kranji serta menganalisis penerapan strategy active learning dan dampak yang terjadi setelah pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan kualitas pembelajaran, agar pembelajaran dapat terlaksana secara efektif, efisien, dan menarik. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau yang biasa disebut dengan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dan dengan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi , dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategy active learning pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 02 Kranji Purwokerto Timur untuk membuat siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori. Pembelajaran dengan menerapkan strategi active learning pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 02 Kranji dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif, ekpresif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategy active Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Nov 2019 07:21
Last Modified: 28 Nov 2019 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6651

Actions (login required)

View Item View Item