PERSAINGAN USAHA ANTAR PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR KLIWON KARANG LEWAS, BANYUMAS PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Brian Indrajaya, 1323203072 (2019) PERSAINGAN USAHA ANTAR PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR KLIWON KARANG LEWAS, BANYUMAS PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
PERSAINGAN USAHA ANTAR PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR KLIWON KARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

Persaingan dalam bisnis adalah hal yang alamiah untuk mendapatakan keuntungan. Semakin hari persaingan dalam sektor perdagangan sembako semakin ketat. Hal ini disebabkan pangsa pasar sembako tidak mengenal musim, dalam artian kebutuhan akan sembako di masyarakat selalu dicari setiap harinya. Berangkat dari hal tersebut maka banyak bermunculanlah padagang-pedagang sembako baru yang mengambil peluang tersebut khususnya di pasar Kliwon Karanglewas Banyumas. Sehingga persaingan semakin kompleks. Baik persaingan dari segi produk, harga, dan pelayanan. Walapun demikian ketatnya persaingan di sektor perdagangan sembako. Para pedagang sembako di Pasar Kliwon ddituntut senantiasa memepertimbangan aspek etika bisnis Islam dalam menjalankan roda usahnya agar tidak terjadi penyimpangan-pennyimpangan, seperti penipuan, membanting atau merusak harga pasar dan sebagainya. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan(Field Research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadkan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan dara dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Kliwon Karanglewas Banyumas. Hasil penelitian menunjukan bahwa persaingan yang terjadi di pasar Kliwon terdiri dari tiga cara. Cara tersebut meliputi bersaing dari segi barang dagangan, bersaing dari segi harga, dan bersaing dari segi pelayanan. Persaingan dari segi produk, pedagang bersaing secara sehat dimana pedagang memberikan kualitas terbaik di setia produknya. Dan juga dari segi pelayanan, para pedagang juga bersaing secara sehat dengan memberikan pelayanan yang prima, seperti bersikap ramah, sopan, dan bertutur kata yang baik kepada pembeli. Namun, persaingan dari segi harga sebagian pedagang bersaing secaar tidak sehat dan tidak adil dengan membanting atau merendahkan harga barang dengan menjual barang dagangan di bawah batas bawah harga pasar yang telah menjadi kesepakatan dengan tujuan untuk saling menjatuhkan pesaing. Tentu hal ini bertentang dengan etika bisnis Islam dalam kegiatan usahanya. Kata Kunci:Persaingan Usaha, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Usaha, Etika Bisnis Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:28
Last Modified: 28 Nov 2019 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6646

Actions (login required)

View Item View Item