PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

Abdurrahman Wahid, 1522402047 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ABDURRAHMAN WAHID_PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dan bimbingan merupakan salah satu dari proses kegiatan pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMP N 1 Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru PAI di SMP N 1 Karangmoncol dan objek penelitian ini adalah peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMP N 1 Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa guru pendidikan agama Islam di SMP N 1 Karangmoncol memiliki peran untuk mengembangkan kecerdasan siswanya diantaranya adalah peran guru sebagai motivator yaitu dengan memberikan motivasi sebelum atau sesudah kegiatan belajar mengajar dengan menanamkan nilai Iman dan sikap percaya diri untukmengenal dan mencintai ciptaan Tuhan yang dapat dirangsang melaluipenanaman nilai-nilai moral dan agama, peran guru sebagai fasilitator dengan cara memberikan fasilitas untuk membantu jalanya kegiatan belajar mengajar seperti masjid, al-Qur’an dan lain-lain, peran guru sebagai pembimbing yaitu membimbing siswa agar menjadi lebih baik dengan cara bentuk nyata yang baik seperti perkataan dan perbuatan,peran guru sebagai demonstrator mengenalkan dan mencontohkan kegiatan keagamaan secara nyata,peran guru sebagai pengelola kelas dengan cara mengkondisikan kelas seperi menjaga kebersihan dan kerapihan, peran guru sebagai evaluasidengan meberikan penilaian yang membangkitkan siswa dalam belajar. Dari banyaknya peran guru hanya ada 6 peran yang dapat mengembangkan kecerdasan spiritual yang ditandai dengan perubahan pada siswa. Seperti kesadaran akan pentingnya beribadah kepada sang Pencipta, saling membantu, gotong royong, dan pembiasaan keagamaan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Kecerdasan Spiritual, SMP N 1Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:28
Last Modified: 27 Nov 2019 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6635

Actions (login required)

View Item View Item