PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PESERTA DIDIK DI MI NEGERI 3 BANYUMAS

Ayu, Riyana (2019) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PESERTA DIDIK DI MI NEGERI 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Ayu Riyana_PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PESERTA DIDIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam teori kecerdasan terdapat istilah kecerdasan ganda (multiple inteligences). Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan ganda yang mencakup kepekaan terhadap ritme, perbedaan nada suara, dan kemampuan untuk memainkan alat musik. Minimnya orang tua yang sadar akan pentingnya mendeteksi dan mengembangkan kecerdasan musikal anak, menjadikan sekolahan sebagai wadah yang tepat untuk menggali dan mengembangkan kecerdasan musikal anak. Salah satu upaya sekolahan untuk mengembangkan kecerdasan musikal adalah dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler musik dalam pengembangan kecerdasan musikal peserta didik di MI Negeri 3 Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah Kepala MI Negeri 3 Banyumas, pembina dan pelatih ekstrakurikuler musik, dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik di MI Negeri 3 Banyumas. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan musikal peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler musik. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian tentang peran kegiatan ekstrakurikuler musik dalam pengembangan kecerdasan musikal peserta didik di MI Negeri 3 Banyumas adalah: Mengetahui bahwa di MI Negeri 3 Banyumas terdapat dua ekstrakurikuler musik yaitu ekstrakurikuler hadroh dan ekstrakurikuler drumband. Pengembangan kecerdasan musikal peserta didik, yaitu dengan cara menyeleksi kemampuan siswa dalam bermain music, pemberian materi, memberikan praktek latihan musik dan bernyanu kepada siswa supaya siswa mahir dalam memainkan musik, selanjutnya dengan memberikan motivasi terhadap anak supaya anak terus semangat ketika mengikuti latihan. Hasil pengembangan kecerdasan musikal ini membuat siswa memiliki antusias yang tinggi terhadap musik, bisa memainkan alat musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Musikal, Ekstrakurikuler Musik, MI Negeri 3 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 25 Nov 2019 23:57
Last Modified: 25 Nov 2019 23:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

View Item View Item