PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI BERPUASA DI BULAN RAMADAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KARANGMALANG KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FIFIN ATIQOH 1, H 1522402227 (2019) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI BERPUASA DI BULAN RAMADAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KARANGMALANG KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
FIFIN ATIQOH_PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Karangmalang pada mata pelajaran PAI materi Berpuasa di Bulan Ramadan.Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM hanya 6 dari 20 siswa atau 30%.Maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “penerapan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangmalang yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 9 siswa perempuan dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus.tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes.Alat pengumpul data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI materi Berpuasa di Bulan Ramadan. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar yang mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 6 siswa atau sebesar 30% menjadi 11 siswa atau sebesar 55,5% dari 20 anak pada siklus I, dan naik menjadi 17 siswa atau sebesar 85% dari 20 anak pada siklus II. hal ini berarti telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 80% siswa tuntas. Kata kunci: Metode Card Sort, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran PAI.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:52
Last Modified: 25 Nov 2019 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item