PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL BERBASISMULTIPLE INTELLEGENCES DI TKIT AN NIDA SOKARAJA

SUKAENA, NIM. 102338152 (2016) PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL BERBASISMULTIPLE INTELLEGENCES DI TKIT AN NIDA SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SUKAENA_PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI TKIT AN NIDA SOKARAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Cerdas oleh sebagian orang ialah mereka yang memiliki IQ tinggi pandai matematika dan bahasa. Padahal cerdas tidak hanya pandai matematika dan bahasa. Setidaknya ada Sembilan macam kecerdasan yang ada dalam diri manusia yaitu: logis-matematis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, musikal, naturalis, visualspasial, kinestetik, dan eksistensial. Potensi kecerdasan anak pastilah sangat berbeda, gaya belajarnya pun berbeda-beda. Dalam kegiatan pembelajaran, berbagai strategi perlu digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi. Strategi pembelajaran pun harus di sesuaikan dengan kondisi siswa yang mempunyai karakter dan gaya belajar yang bermacam-macam. Pendidikan anak usia dini merupakan sesuatu yang diharuskan untuk anak khususnya usia 0 sampai 6 tahun, dimana mereka membutuhkan stimulus yang baik untuk masa perkembangannya yang begitu cepat. Salah satunya yaitu perkembangan nilai agama dan moral yang menanamkan dasar-dasar keimanan anak, mencontohkan perbuatan yang baik antara manusia dan Tuhannya dan mausia dengan sesamanya yang nantinya diharapkan akan menjadi generasi yang mempunyai akhlak mulia. TKIT An Nida Sokaraja merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berciri khas islami dan menggunakan strategi-strategi multiple intellegences dalam pembalajaran. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis rumuskan permasalahan sebagi berikut:” Bagaimana TKIT An Nida Sokaraja mengidentifikasi ragam kecerdasan yang dimiliki oleh siswa dan bagaimana Pengembangan Nilai Agama dan Moral berbasis Multiple Intellegences yang dilaksanakan di TKIT An Nida Sokaraja?” Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa, TKIT An Nida Sokaraja menggunakan Multiple Intellegences Research (MIR) untuk mengetahui dominan kecerdasan dan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Melalui hasil MIR, guru dapat dengan mudah menentukan metode-metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan MIR merupakan tahapan input dalam pembelajaran semua bidang pengembangan siswa khususnya pengembangan nilai agama dan moral khususnya berbasis multiple intellegences. Pelaksanaan pembelajaran bidang pengembangan nilai agama dan moral berbasis multiple intellegencesdi TKIT Sokaraja yaitu dengan menggunakan model pembelajaran sentra yang dilaksanakan dengan kegiatan pembiasaan dan dengan proses pembelajaran menggunakan metode-metode multiple intellegences berdasarkan tema yang ditetapkan pada kurikulum di sekolah yang berintegrasi dengan bidang pengembangan yang lain. Setelah proses pembelajaran dilaksanakan, selanjutnya dilakukan penilaian secara autentik sebagai tahap akhir dalam pembelajaran khususnya bidang pengembangan nilai agama dan moral. Kata kunci: Nilai Agama dan Moral, Multiple Intelegences, TKIT An Nida Sokaraja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:27
Last Modified: 04 Aug 2016 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item