ETIKA BISNIS ISLAM IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DITINJAU DARI SEGI KESEHATAN

Rifatul Abidah, 1423203158 (2019) ETIKA BISNIS ISLAM IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DITINJAU DARI SEGI KESEHATAN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
RIFATUL ABIDAH_ETIKA BISNIS ISLAM IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan yang baik menurut etika bisnis Islam adalah iklan yang jujur bertanggung jawab dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Iklan tidak boleh menyesatkan, antara lain dengan memberikan keterangan yang tidak benar, mengelabuhi dan memberikan janji yang berlebihan. Iklan yang ditujukan kepada anak-anak tidak boleh menampilkan dalam bentuk apapun hal-hal yang dapat mengganggu dan merusak jasmani dan rohani mereka, mengambil manfaat atas kemudah percayaan, kekurangan pengalaman mereka atau kepolosan hati mereka.Anak-anak tidak boleh digunakan unuk mengiklankan produk yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.Namun sayangnya beberapa iklan khususnya iklan di media televisi masih banyak yang belum sesuai dengan etika bisnis Islam. Salah satunya adalah iklan susu kental manis Frisian Flag.komposisi susu kental manis terdapat kandungan gula yang mencapai hampir 40-50%. konsumsi gula yang terlalu banyak bagi anak mengakibatkan berbagai penyakit dikemudian hari seperti obesitas, penyakit kronis, diabetes militus dan jantung. Namun bukannya memperingati tentang potensi tersebut iklan susu kental manis malah dibingkai menjadi iklan suatu produk yang menyehatkan atau bernutrisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yakni penelitian lapangan (filed research), penelitian yang langsung di lakukan dilapangan yang objek utamanya adalah iklan-iklan susu kental manis Frisian Flag dan buku-buku perpustakaan yang berkaitan dengan periklanan perspektif etika bisnis Islam. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif.data yang digunakan adalah konten analisis isi (content analysis). Content analysis ini berisi mengenai isi-isi pesan. Content analysis adalah suatu tahap dari pemrosesan informasi yang menyangkut isi-isi komunikasi yang ditransformasikan melalui aplikasi yang sistematik dan objektif. Hasil dari penelitian ini bahwasanya sebagian besar iklan susu kental manis Frisian Flag di televisi masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam. Informasi kegunaan dan kualifikasi barang yang ditampilkan dalam iklan susu kental manis Frisian Flag masih belum sesuai. Dan pembingkaian iklan susu kental manis Frisian Flag yang mengklaim produknya sehat bahkan bernutrisi padahal faktanya cara konsumsi yang salah dari susu kental manis akan mengundang penyakit obesitas dan diabetes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Televisi, Etika Binis Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:16
Last Modified: 22 Nov 2019 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item