KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam).

Farhan, Fauzi (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Mencermati persoalan pendidikan Islam dimana sekolah-sekolah Islam secara pukul rata mutunya lebih rendah ketimbang sekolah pemerintah. Maka peneliti tertarik ingin menggambarkan konsep pendidikan Islam. Dengan begitu, agar dapat diketahui historisitas pemikiran mereka. Kegelisahan akademik mengantarkan penulis pada Moh. Roqib. Dari gagasan tersebut akan dicari makna Bagaimana Konsep pendidikan islam menurut Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitiannya termasuk dalam penelitian (library research)., yaitu penelitian yang data-datanya diperoleh dari studi pustaka atau literatur terkait, kemudian dianalitis secara teoritis-filosofis. Pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi, termasuk penulis menentukan sumber data primer dan skunder. Data dianalisis dengan metode analisis isi, gagasan-gagasan yang ada dalam data primer dan skunder dikonfrontasikan secara kritis. Dalam hal ini data dikaji dari gagasan yang umum, kemudian ditarik menuju gagasan yang khusus agar menghasilkan kesimpulan yang obyektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam Moh. Roqib mencakup kehidupan manusia seutuhnya, tidak hanya memperhatikan dan mementingkan segi akidah (keyakinan), ibadah ( ritual), dan akhlak (norma-etika) saja, tetapi jauh lebih luas dan dalam dari pada semua itu. Untuk mewujudkan goalnya konsep pendidikan yang Islami maka sumber pendidikan Islam harus berdasarkan Al-Qur’an, Sunah dan ijtihad. Maka tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan kepribadian muslim paripurna (kaffah). Sedangkan pendidik dalam Islam adalah setiap individu yang bertanggung jawab terhadap perkembangan subjek didik. Oleh karena itu, tugas mendidik berada di pundak setiap orang tua sebab dari merekalah proses kelahiran anak terjadi. Peserta didik dalam pendidikan Islam selalu terkait dengan pandangan Islam tentang hakikat manusia. Jika diaplikasikan dalam kurikulum pendidikan Islam, maka kurikulum adalah rencana kegiatan peserta didik yang terperinci dengan dibangun berdasarkan tujuan agar membentuk menjadi diri seorang yang ideal. Sedangkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode (termasuk juga strategi dan teknik) dalam pendidikan Islam dengan metode dalam pendidikan lain. Jika diperhatikan, perbedaannya hanya terletak pada nilai spiritual dan mental. Media harus dimanfaatkan untuk kepentingan rahmatan lil alamin. Di dalam lembaga pendidikan Islam bahwa tempat pendidikan Islam dibagi menjadi dirumah tangga, di masyarakat, disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Telaah pendapat, Telaah buku, Analisis buku,
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Nov 2019 23:51
Last Modified: 21 Nov 2019 23:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item