MANAJEMEN MUTU PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI MA’HAD AL-FARUQ KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Ali Munif, 1522605004 (2019) MANAJEMEN MUTU PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI MA’HAD AL-FARUQ KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
ALI MUNIF_MANAJEMEN MUTU PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABVI_DAFTAR PUSTAKA_ALI MUNIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tahun 2000 mulai ditandatanganinya kesepakatan bersama antara Menteri Agama dengan Menteri Pendidikan Nasional, tentang program pemerintah menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar di pondok pesantren Salafiyah. Ma’had al-Faruq Karanglewas merespon implementasi wajib belajar pendidikan dasar program Kementerian Agama dalam mengatasi anak yang putus sekolah (drop out). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis manajemen mutu program pendidikan kesetaraan di Ma’had Al-Faruq Karanglewas; (2) mendeskripsikan dan menganalisis strategi dalam peningkatan mutu program pendidikan kesetaraan di Ma’had Al-Faruq Karanglewas; dan (3) menganalisis secara mendalam implikasi manajemen mutu terhadap peningkatan mutu program pendidikan kesetaraan di Ma’had Al-Faruq Karanglewas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan sejak awal penelitian sampai akhir penelitian mengunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan serta triangulasi metode dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Manajemen mutu program pendidikan kesetaraan di Ma’had Al-Faruq Karanglewas dengan mengikuti konsep berpikir TQM, adalah suatu peningkatan terus menerus, menghasilkan lulusan yang berkualitas, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi global, proses pembelajaran yang interaktif, sampai kepada ikut bertanggungjawab untuk memuaskan pengguna lulusan itu. (2) Strategi peningkatan mutu program pendidikan kesetaraan di Ma’had Al-Faruq Karanglewas dapat dilakukan melalui: pertama, menfokuskan pada kepuasan pelanggan dengan meningkatkan keberhasilan belajar santri, memberikan kepercayaan kepada wali santri, dan memberikan kesejahteraan bagi guru. Kedua, melibatkan secara totalitas seluruh stakeholders untuk menerapkan budaya mutu. Ketiga, membuat ukuran baku mutu lulusan. Keempat, membangun komitmen, untuk mewujudkan tujuan pondok pesantren. Kelima, melaksanakan perbaikan yang berkelanjutan. (3) Terdapat dua implikasi penting, yakni implikasi terhadap pengembangan tipologi pemikiran pendidikan dan implikasi terhadap pengembangan kurikulum. Strategi peningkatan mutu di Ma’had al-Faruq Karanglewas, telah lulus dalam proses akreditas satuan pendidikan PAUD dan PNF dengan TERAKREDITASI B (Baik) pada tanggal 05 Desember 2018.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management, Quality, Strategy, Implications, Equality Education, Salafiyah Islamic Boarding School
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2019 09:47
Last Modified: 21 Nov 2019 09:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item