PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL SMP MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sazida Auchia, 1423301294 (2019) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL SMP MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
SAZIDA AUCHIA_PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL SMP MASYITHOH KROYA KABUPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat mendesak untuk diberlakukan di negeri ini. Sekolah mesti berpedoman pada nilai-nilai karakter manusia. Pendidikan karakter di pondok pesantren sangat relevan seiring dengan meningkatnya kenakalan remaja dan diharapkan menjadi benteng untuk mengatasi permasalahan tersebut Islamic Boarding School SMP Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018/2019 menerapan pendidikan karakter melaui berbagai program. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter di Islamic Boarding School SMP Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Islmanic Boarding School SMP Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pengasuh pondok pesatren, dan peserta didik. Objek penelitian penerapan pendidikan karakter di Islamic Boarding School SMP Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan pendidikan karakter di Islamic Boarding School SMP Masyihtoh Kroya Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018/2019 dibagi menjadi 4 program. Pertama program keimanan diterapkan melalui sholat tahajud, sholat subuh berjamaah, sholat dhuha berjamaah, mengaji al-quran, membacaan asmaul husna dan sholawat munjiat, dan doa bersama. Kedua program kepemimpinan diterapkan melalui pembentukan pribadi yang organisatoris, latihan kepemimpinan dasar, parenting. Ketiga program kepribadian diterapkan melaui membuat tata tertib pondok pesantren, muhadhoroh, muhastabah. Keempat program kesantrian diterapkan melalui ta’dzim, diniyah, taqror.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan, pendidikan karakter, Islamic Boarding School, SMP Masyithoh Kroya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2019 09:24
Last Modified: 21 Nov 2019 09:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item