HUBUNGAN KESEJAHTERAAN GURU DENGAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

UMI SOLIHATUN, NIM. 082333081 (2012) HUBUNGAN KESEJAHTERAAN GURU DENGAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI SOLIHATUN_HUBUNGAN KESEJAHTERAAN GURU DENGAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Keberadaan guru sebagai bagian dari salah satu komponen dalam pembelajaran menuntut guru harus memiliki kompetensi-kompetensi dalam bidang keguruan. Dengan kompetensi-kompetnsi tersebut diharapkan guru mampu menunjukkan kinerjanya dengan maksimal. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru harus dikelola dengan baik agar proses pencapaian tujuan pembelajaran dapat berjalan lancar. Dalam pengelolaan tersebut maka setiap guru yang bekerja dalam suatu lembaga pendidikan seharusnya mendapatkan kesejahteraan yang layak sebagai balas jasa kepada mereka yang telah berperan aktif dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat studi lapangan. Metode yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatannya yaitu pendekatan korelasional. Untuk memperoleh data guna menyususn skripsi, penulis mengadakan penelitian pada guru Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 136 guru, sedangkan untuk jumlah sampelnya adalah 102 guru. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesejahteraan guru (X) dengan kinerja guru (Y), penulis menggunakan analisis product moment. Selanjutnya untuk mengetahui apakah kesejahteraan guru (X) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) digunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS. Uji t untuk menguji pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) secara segnifikan. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil bahwa r hitung> r tabel (0,554> 0,195) yang berarti tolak Ho dan diterima Ha yang berarti terdapat hubungan antara kesejahteraan guru (X) dengan kinerja guru (Y). Dari hasil analisis regresi linear sederhana dihasilkan persamaan Y= 31.847 + 0,557 X. Dapat diketahui bahwa nilai t hitung> t tabel (6,947> 1,98). Sesuai dengan rumus uji t, jika t hitung> t tabel maka Ho ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa variabel kesejahteraan guru (X) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). Dalam memberikan kesejahteraan kepada guru sebaiknya pihak-pihak yang berkewajibanmemberikan kesejahteraan tersebut hendaklah diberikan dengan layak. Karena terbukti bahwa antara kesejahteraan guru dengan kinerja guru terdapat hubungan yang saling mempengaruhi. Sebaliknya juga dengan guru, hendaklah tidak hanya mementingkan kesejahteraan yang diperoleh tetapi juga harus meningkatkan kinerjanya yang nanti berimbas pada kontribusi yang lainnya. Kata Kunci: Kesejahteraan Guru dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:58
Last Modified: 04 Aug 2016 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item