PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Ahmad, Fathul Jannah (2019) PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL AHMAD FATHUL JANNAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Evaluasi dalam pendidikan Islam merupakan cara atau teknik penilaian terhadap tingkah laku peserta didik berdasarkan standar perhitungan yang bersifat komprehensif dari seluruh aspek-aspek kehidupan mental psikologis dan spiritual religius peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika yang dialami oleh guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Purwojati. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pelaporan skor nilai sampai pada tindak lanjut evaluasi sesuai dengan Panduan Penilaian Hasil Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi dan problem-problem yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang proses pelaksanaan evaluasi PAI. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang sekolah dan foto-foto pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi PAI. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi data (conclusion). Hasil dari penelitian ini, problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang terjadi di dalam proses pembelajaran ialah waktu yang diberikan dalam pelaksanaan evaluasi sangatlah kurang karena dilaksanakan pada saat pembelajaran, kesulitan ketika menghadapi kemampuan berfikir siswa yang rendah pada evaluasi ranah kognitif juga menjadi kendala bagi guru. Sedangkan problem yang terjadi di luar pembelajaran ialah kesulitan guru dalam membagi bobot soal afektif dan kognitif, kendala dalam menganalisis hasil ujian siswa, serta keterbatasan pengetahuan guru dalam menganalisis hasil evaluasi pada siswa. Disertai dengan solusi alternatif untuk mengatasi problematika tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 26 Nov 2019 00:18
Last Modified: 26 Nov 2019 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item