PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SHOLAT WAJIB MATA PELAJARAN PAI KELAS 1 DI SD NEGERI 2 KARANGGAYAM KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wulandari, Novika (2019) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SHOLAT WAJIB MATA PELAJARAN PAI KELAS 1 DI SD NEGERI 2 KARANGGAYAM KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOFIKA WULANDARI_Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sholat Wa.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Metode pembelajaran bernyanyi sebagai jembatan untuk mengingat pelajaran adalah metode yang digunakan oleh guru sekaligus penulis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat wajib kelas I SD Negeri 2 Karanggayam Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif di mana penulis sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai pengamat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data yang didapat dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu membandingkan antara nilai pada studi awal sebelum tindakan perbaikan dengan hasil nilai yang diperoleh pada siklus I dan siklus II dengan penggunaan metode pembelajaran bernyanyi, dapat ditarik kesimpulan prestasi belajar sebelum penggunaan metode bernyanyi dengan sesudah menggunakan metode bernyanyi hasilnya meningkat. Hal ini terbukti dengan prosentase peningkatan prestasi siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung dari kondisi pada pra siklus adalah 4 siswa dari 15 siswa yang tuntas atau 26,66 %, sedangkan yang belum tuntas adalah 11 siswa atau 73,33 %. Siklus pertama terjadi peningkatan 9 dari 15 siswa yang sudah tuntas atau 60 % sedangkan yang belum tuntas 6 dari 15 siswa atau 40%, pada siklus kedua terjadi peningkatan menjadi 80,66 %. Hasil pengamatan tersebut di atas, kondisi awal memperoleh nilai dengan rata-rata 70, pada siklus pertama memperoleh nilai dengan nilai rata-rata 74,66, kemudian pada siklus kedua memperoleh nilai dengan rata-rata 78,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bernyanyi, prestasi belajar, PAI shalat wajib
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Nov 2019 03:22
Last Modified: 21 Nov 2019 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item