PENERAPAN METODE SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019

Muhammad Muammar Husein, 1522403070 (2019) PENERAPAN METODE SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
MUHAMMAD MUAMMAR HUSEIN_PENERAPAN METODE SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DI PERGURUAN ISLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Syawir merupakan salah satu metode yang telah diterapkan dalam pembelajaran di Pondok Pesantren. Metode ini dimaksudkan sebagai penyajian bahan pelajaran dengan cara santri membahasnya bersama-sama melalui tukar pendapat tantang suatu topik atau masalah tertentu yang ada di dalam kitab kuning baik itu nahwu sharaf atau yang lainya. Dalam metode ini guru bertindak sebagai pendamping atau moderator dengan tujuan agar para santri menjadi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan. subjek penelitian adalah Pengasuh Pondok Tremas, Sekretaris Pondok, Ustadz Pembimbing Asrama dan beberapa santri Pondok Tremas. Objek Penelitiannya ialah Penerapan Metode Syawir dalam Pembelajaran Nahwu Sharaf. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan bagaimana Penerapan Metode Syawir Dalam Pembelajaran Nahwu Sharaf. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan diterapkanya metode syawir ialah (1) agar para santri menjadi aktif dalam proses pembelajaran, diharapkan melalui metode ini dapat tumbuh dan berkembang pemikiran yang kritis analitis dan logis. (2) para santri dibiasakan untuk menarapkan kaidah-kaidah nahwu sharaf yang telah mereka pelajari dengan cara mengkaji kitab kuning. (3) melatih mental para santri agar berani berbicara di depan para santri yang lain. Secara umum pembelajaran ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu persiapan pembelajaran dan proses pembelajaran. untuk kitab yang digunakan dalam pembelajaran syawir ialah kitab Al-Ghayah Wa At-Taqrib karangan dari Syekh Ahmad bin Husen bin Ahmad Al-Asfahani untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah. Sedangkan untuk tingkat Madrasah Aliyah menggunakan kitab Fathu Al-Qarib Al-Mujib Fi Syarkhi Alfadzhi At-Taqrib karangan Syekh Syamsudin Abu Abdillah Muhammad bin Qosim Al-Ghozzi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: yawir, Metode, Nahwu Sharaf.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Nov 2019 03:41
Last Modified: 19 Nov 2019 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item View Item