PENERAPAN METODE DRILL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHAFAL SURAT AL-FATIHAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS I SD NEGERI 2 SUMINGKIR KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Munawaroh, Sri (2019) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHAFAL SURAT AL-FATIHAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS I SD NEGERI 2 SUMINGKIR KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER __BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI MUNAWAROH__Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi menghafal.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kemahiran menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu jenis kemampuan yang ingin dicapai dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam menghafal suratan, penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena metode dan strategi yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), tidak menarik sehingga siswa enggan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu ada strategi atau metode menarik. Salah satunya adalah penerapan metode drill. Dengan metode ini siswa lebih mudah dalam menghafal surat Al-Fatihah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setellah diterapkannya metode drill. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis databerupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kualintatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode drill. Pada awal sebelum tindakan bahwa sebanyak 20 siswa memperoleh nilai dibawah 75. Sedang siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih ada 11 siswa. Nilai rata-rata 57,09 dengan tingkat ketuntasan sebesar 35,49 %. Berdasarkan nilai siswa siklus 1 menunjukkan bahwa sebanyak 10 siswa memperoleh nilai dibawah 75. Sedang siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih ada 21 siswa. Nilai rata-rata 70,64 dengan tingkat ketuntasan sebesar 67,74% dan Berdasarkan data nilai siswa siswa siklus II menunjukkan bahwa sebanyak 4 siswa memperoleh nilai dibawah 75. Sedang siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih ada 27 siswa. Nilai rata-rata 81,29 dengan tingkat ketuntasan sebesar 87,10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode drill hasil belajar siswa, PAI Materi menghafal surat Al-Fatihah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:33
Last Modified: 18 Nov 2019 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item View Item