PENGEMBANGAN HIDDEN CURRICULUM UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI MIN 1 BANYUMAS

Al-Nur, Widya Rahmawati (2019) PENGEMBANGAN HIDDEN CURRICULUM UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI MIN 1 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIDYA RAHMAWATI AL NUR_PENGEMBANGAN HIDDEN CURRICULUM UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kajian pengembangan hidden curriculum yang menunjang pendidikan anti korupsi memiliki arti penting bagi pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. Hidden curriculum memiliki posisi yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan, yakni sebagai penguat penyelenggaraan pembelajaran yang berdasarkan pada potencial curriculum dan actual curriculum. Peran penting hidden curriculum dalam pendidikan erat kaitanya dengan pembentukan moral atau karakter siswa disebuah sekolah. Pengembangan hidden curriculum ini menjadi salah satu cara untuk memperkuat nilai-nilai pendidikan anti korupsi di sekolah. Dalam hal ini nilai-nilai pendidikan anti korupsi berupa penguatan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan hidden curriculum yang menunjang pendidikan anti korupsi di MIN 1 Banyumas yang dimulai dari munculnya ide hingga pada tahap evaluasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan hidden curriculum yang menunjang pendidikan anti korupsi menggunakan model pengembangan grass roots dimana munculnya ide berasal dari bawah yakni guru-guru yang ada di sekolah. Kemudian ide tersebut di kembangkan bersama dengan kepala sekolah dalam rapat yang dihadiri oleh guru. 2) Pengembangan hidden curriculum yang menunjang pendidikan anti korupsi di MIN 1 Banyumas diwujudkan melalui kegiatan yang dilakukan diluar pembelajaran atau pembiasaan yakni berupa kegiatan lomba kebersihan kelas, adanya buku pengembangan diri sisiwa, dan pengadaan pin anti korupsi. 3) Hasil pengembangan hidden curriculum yang menunjang pendidikan anti korupsi dapat dilihat dari kondisi moral tenaga pendidik, kependidikan dan peserta didik yang mencerminkan nilai-nilai anti korupsi seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Hidden curriculum, Pendidikan Anti Korupsi, MIN 1 Banyumas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 14 Nov 2019 09:48
Last Modified: 14 Nov 2019 09:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6514

Actions (login required)

View Item View Item