PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK TUNARUNGU DENGAN METODE PEMBELAJARAN SPEECHREADING DI TKLB B YAKUT PURWOKERTO

Putri, Ginadhia Aliya (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK TUNARUNGU DENGAN METODE PEMBELAJARAN SPEECHREADING DI TKLB B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL GINADHIA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pengembangan kemampuan berbahasa lisan anak tunarungu dengan metode pembelajaran speechreading salah satu kegiatan khusus untuk menunjang perkembangan bahasa pada anak tunarungu, hal tersebut dilakukan guna melatih anak sejak dini supaya mempunyai bekal kosa kata/bahasa untuk berinteraksi dan bercakap-cakap dengan teman sebayanya atau lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya dalam mengembangkan kemampuan berbahasa lisan pada anak tunarungu melalui metode pembelajaran speechreading di TKLB B Yakut Purwokerto dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari seperti melatih PKPBI, melatih kemampuan berbahasa lisan di awali dengan suku kata, kosa kata dan pengucapan secara spontan atau percakapan sederhana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari peserta didik dan guru di TKLB B Yakut Purwokerto bahwasannya kelainan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus tunarungu memiliki hambatan pendengaran, komunikasi, serta interaksi seseorang. Maka dengan ini dibutuhkan pendidikan khusus bagi anak tunarungu, seperti hal nya di TKLB B Yakut Purwokerto yang memiliki pendidikan dan pembelajaran khusus bagi anak tunarungu salah satunya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak tunarungu dengan kegiatan-kegiatan yang sudah di siapkan seperti melatih PKPBI, melatih suku kata pada anak dengan waktu kurang lebih 3 bulan, lalu melatih kosa kata pada anak, setelah itu melatih pengucapan secara spontan atau percakapan sederhana seperti menanyakan kabar. Hal ini dilakukan melalui metode pembelajaran speechreading atau membaca ujaran yang mana guru dan anak saling berhadapan dengan melihat gerakan bibir lawan bicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa lisan, anak tunarungu, metode pembelajaran speechreading
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 14 Nov 2019 09:40
Last Modified: 14 Nov 2019 09:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item