PENGARUH PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-FALAH BELIK PEMALANG

Leni Mariana, 1522402065 (2019) PENGARUH PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-FALAH BELIK PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
LENI MARIANA_PENGARUH PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)

Abstract

Secara lembaga SMP merupakan lembaga pendidikan formal dimana seorang siswa mengikuti pelajaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tetapi untuk membentuk pendidikan yang lebih islami SMP tersebut bekerja sama dengan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui program pesantren terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Falah Belik Pemalang. Metodologi penulisan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, karena penelitian ini merupakan bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif artinya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengolahan data yang berupa angka. Ditinjau dari masalah yang diteliti jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian uji T artinya ditunjukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh program pesantren terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Untuk memperoleh data lapangan ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawanara, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahu bahwa program pesantren yang diambil dari sempel kelas VII dan VIII di SMP Al-Falah Belik Pemalang termasuk mempengaruhi dengan nilai raport yang telah diteliti dengan hasil mlalui analisis uji idependen samples t-test diperoleh hasil asym. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kelompok siswa yang tidak di pesantren dan untuk siswa yang mendapatkan program pesantren. Dasar pengambilan keputusan dengan taraf signifikasi sebesar 5% yaitu apabila nilai signifikasi (sig) < 0,05, maka Ho ditolak dan jika signifikasi (sig) > 0,05 maka Ho diterima. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Asym. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam yang telah mendapatkan program pesantren. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh program pondok pesantren terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Al-Falah Belik. Kata kunci: program pesantren, prestasi belajar, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : program pesantren, prestasi belajar, pendidikan agama islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:51
Last Modified: 14 Nov 2019 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item