IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2019/2020

Rahmadian Triska Eka Putri, (1423305031) (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus memiliki hak untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang sama. Pendidikan inklusi hadir untuk melayani ABK yang ingin belajar di sekolah umum tanpa diskriminasi. Pembelajaran ABK di kelas inklusi disesuaikan dengan potensi dan karakteristik masing – masing peserta didik. Pemilihan implementasi pembelajaran yang efektif dan efisien perlu mempertimbangkan kemampuan dan karakteristik ABK agar tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembelajaran apa saja yang diterapkan dalam kelas inklusi selama kegiatan pembelajaran, bagaimana penerapan implementasi pembelajaran tersebut, dan apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (frield research) dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Dan analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas inklusi reguler kelas 3C serta kelas inklusi intensif yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 6 siswa laki- laki dan 6 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran yang diterapkan di kelas inklusi diantaranya yaitu implementasi pembelajaran klasikal, individualisasi, dan modifikasi tingkah laku. Implementasi pembelajaran klasikal yaitu peserta didik belajar bersama secara berkelompok pada materi pelajaran tertentu. Implementasi pembelajaran klasikal diterapkan di kelas inklusi intensif. Implementasi pembelajaran individualisasi adalah implementasi pembelajaran yang dalam pelaksanaanya guru memperhatikan kemampuan dan karakteristik peserta didik. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik, tetapi implementasi yang diterapkan sama antara peserta didik yang satu dengan yang lainya. Implementasi modifikasi tingkah laku yaitu implementasi pembelajaran dengan cara guru membiasakan perilaku positif kepada peserta didik. Pembiasaan positif di kelas reguler lebih diutamakan pada pembiasaan sosialisasi ABK dengan teman sekelasnya, guru, dan lingkungan sekolah. Sedangkan pembiasaan positif di kelas intensif lebih kepada kemandirian peserta didik. Implementasi pembelajaran individualisasi dan modifikasi tingkah laku diterapkan di kelas inklusi reguler maupun intensif. Untuk faktor pendukung pelaksanaan implementasi pembelajaran di kelas inklusi yaitu adanya alat peraga yang konsisten diberikan dalam proses pembelajaran dan untuk penghambatnya baik guru di kelas reguler maupun kelas intensif tidak membuat PPI ( Program Pembelajaran Individual). .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, dan Kelas Inklusi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Nov 2019 04:23
Last Modified: 13 Nov 2019 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item