ANALISIS KUALITAS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SMP KABUPATEN PURBALINGGATAHUN PELAJARAN 2018/2019 PERSPEKTIF HOTS

Siti Nurjannah, 1522402077 (2019) ANALISIS KUALITAS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SMP KABUPATEN PURBALINGGATAHUN PELAJARAN 2018/2019 PERSPEKTIF HOTS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
SITI NURJANNAH_ANALISIS KUALITAS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam menghadapi tantangan globalisasi, masyarakat harus memiliki keterampilan abad 21 yang disebut dengan 4C, yaitu kreativitas (creativity), kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kemampuan berkolaborasi (collaboration), dan kemampuan berkomunikasi (communication). Sekolah diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tersebut.Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui adanya penilaian yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan HOTS siswa akan dekat dengan konteks dunia nyata yang kelak akan mereka hadapi. Agar hal tersebut dapat tercapai maka soal-soal yang mengandung HOTS harus memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kulitas soal Penilaian Akhir Semester 2 Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019 Perspektif HOTS ditinjau dari segi materi, konstruksi, dan bahasanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 55 soal hanya 40 butir soal yang sesuai dengan indikator soalnya sementara 15 soal lainnya tidak sesuai dengan indikator soal yang ada. Dalam soal ditemukan soal LOTS sebanyak 60%, soal MOTS sebanyak 29,1%, dan soal HOTS sebanyak 10,9%. Jadi soal HOTS yang ada hanya 6 soal yaitu soal nomor 11, 18, 23, 26, 33, dan 39. Adapun Kualitas soal HOTS jika dilihat dari segi materidapat dikatakan sangat baik karena rata-rata yang diperoleh 89,58%. Jika dilihat dari segi konstruksi juga dapat dikatakan sangat baik dengan rata-rata 93,33%. Dan jika dilihat dari segi bahasa juga dapat dikatakan sangat baik dengan rata-rata 96,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Akhir Semester, Higher Order Thinking Skill, Kualitas Soal
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:55
Last Modified: 13 Nov 2019 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item