Peran Guru Pembimbing Dalam Memotivasi Siswa Untuk Melakukan Konseling Individu Di SMA Ma’arif NU Karanganyar Purbalingga

Muhammad Abdul fatah, 1323101014 (2019) Peran Guru Pembimbing Dalam Memotivasi Siswa Untuk Melakukan Konseling Individu Di SMA Ma’arif NU Karanganyar Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di suatu negara. Dengan pendidikan, maka akan tercipta generasi muda yang dapat membentuk negara ini menjadi lebih baik dari sebelumnya kemudian guru pembimbing memiliki peran penting dalam harmonisasi sebuah lembaga pendidikan. Dalam melakukan layanan, guru pembimbing bekerja sama dengan guru pengajar yang lain, terutama yang merangkap sebagai wali kelas. Guru pengajar dan wali kelas berperan mengamati siswa, bersedia menerima konsultasi masalah dari siswa, kemudian mengarahkan siswa untuk meminta bimbingan dan konseling pada guru pembimbing. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pembimbing dalam memotivasi siswa untuk melakukan konseling individu dan bermanfaat untukpara pembaca agar bertambah khasanah ilmu pengetahuan terutama dalam memotivasi siswa untuk melakukan konseling individu. Adapun penilitan ini menguunak penelitian lapangan (field research) yang bertujuanuntuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarak.Adapun dalam sumber data menjadi 2 yaitu subyek dan obyek penelitian. Sedangkan dalam Teknik pengumpulan data terdiri dari Teknik Observasi (pengamatan)Teknik Wawancara (interview)Teknik Dokumentasi kemudian dalam Teknik Analisis Data yaitu data Reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusing drawing/ verivication. Hasil dari penelitian ini menunjukan bawa 1) Kegiatan memotivasi siswa di SMA Ma’arif NU Karanganyar Purbalingga sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan teori hedonisme, teori naluri, teori reaksi yang dipelajari, drive theory dan teori arousal.2) Kegiatan guru pembimbing dalam memotivasi siswa pada kegiatan layanan konseling untuk pelaksanaanya setiap satu minggu, materi yang disampaikan berbeda-beda. 3) Partisipasi siswa dalam melakukan layanan konseling yang ada di SMA Ma’arif NU Karanganyar Purbalingga dapat diketahui ada beberapa siswa kelas II di SMA Ma’arif NU Karanganyar Purbalingga ketahui bahwa secara umum para siswa mengetahui bahwa jasa bimbingan dan konseling yang dikarenakan melanggar tata tertib sekolah sehingga di di beri nasehat oeleh guru pembimbing, agar menjadi siwa lebih baik. Guru bimbingan dan konseling telah berupaya maksimal untuk meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling bagi para siswa di SMA Ma’arif NU Karanganyar Purbalingga walaupun masih terdapat beberapa kendala yang sampai saat ini terus dibenahi. Sementara siswa terus beranggapan negative terhadap kehadiran bimbingan dan konseling yaitu dengan mengatakan bahahwa bimbingan dan konseling hanya di peruntukkan bagi siswa-siswa yang bermasalah saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Pembimbing, Siswa dan Konseling Individu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Nov 2019 01:57
Last Modified: 11 Nov 2019 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item