MANAJEMEN DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) DALAM PELAYANAN JAMAAH DI MASJID AL-IKHLAS DESA BANTERAN KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Haq, Rijalul (2019) MANAJEMEN DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) DALAM PELAYANAN JAMAAH DI MASJID AL-IKHLAS DESA BANTERAN KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIJALUL HAQ_MANAJEMEN DEWAN KEMAKMURAN MASJID.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Masjid secara terminologis diartikan sebagai tempat ibadah umat Islam, khususnya dalam menegakkan sholat lima waktu. Masjid merupakan tempat ataupun bangunan yang dijadikan sebagai prasarana bagi umat Islam untuk melakukan kegiatan peribadatan, politik, sosial, ekonomi, pengembangan kebudayaan dan pendidikan. Semua dapat sukses dilakukan apabila dirangkum dalam sebuah garis kebajikan manajemen masjid. Fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat dilaksanakannya ritual ibadah semata tetapi juga dilaksanakannya berbagai kegiatan untuk kemaslahatan umat Islam. Masjid yang dikelola secara maksimal dengan menerapkan manajemen dapat meningkatkan sebuah pelayanan kepada jama’ah. Oleh karena itu, pengurus masjid harus menyadari pentingnya mengelola masjid karena potensi masjid yang besar akan meningkatkan kesejahteraan umat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Dalam Pelayanan Jamaah di Masjid Al-Ikhlas Desa Banteran Kecamatan Wangon Kabupatenn Banyumas. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan melakukan pendekatan ini penulis melakukan pendekaan ini untuk menghasilakan data deskriptif terkait Manajemen Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Dalam Pelayanan Jamaah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penulis di lapangan dapat diketahui bahwa Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhlas secara garis besar telah menerapkan sistem manajemen masjid dengan baik dalam pengelolaan masjid maupun kepengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhlas. Fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan telah terimplementasi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai aktivitas yang telah tercapai dan dirasakan keberadaannya dan manfaatnya oleh masyarakat seperti terlaksananya kegiatan ibadah, kajian rutin, dan pelayanan fasilitas yang memuaskan jama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan dan Masjid
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:41
Last Modified: 08 Nov 2019 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item