BIMBINGAN KEMANDIRIAN MELALUI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI SISWA TINGKAT SMP TUNAGRAHITA DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS

Nandayani, Feny Tri (2019) BIMBINGAN KEMANDIRIAN MELALUI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI SISWA TINGKAT SMP TUNAGRAHITA DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FENY TRI NANDAYANI_BIMBINGAN KEMANDIRIAN MELALUI PROGRAM KHU.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Bimbingan kemandirian dapat dirumuskan sebagai proses pemberian bantuan yang dilakukan kepada individu secara terus menerus dalam usaha untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari serta memandirikan anak dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Bina diri merupakan suatu pembinaan dan pelatihan tentang kegiatan kehidupan sehari-hari yang diberikan pada anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah luar biasa (SLB). Bina diri yang dimaksud yaitu kemampuan dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya kegiatan yang dilakukan dari mulai tidur sampai tidur kembali, kegiatan tersebut antara lain merawat, mengurus, dan memelihara diri. Oleh sebab itu anak tunagrahita membutuhkan bimbingan kemandirian agar bisa lebih mandiri dalam mengembangkan potensi yang dimiliki tanpa bergantung pada orang lain serta dapat bekal untuk masa depanya. Tunagrahita adalah individu yang mengalami kecacatan pada mentalnya bukan pada anggota tubuhnya. Karena anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam berfikir sehingga didalam melakukan aktifitas sehari-hari dan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki seperti layaknya anak normal banyak mengalami kesulitan dan hambatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas. Yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kemandirian melalui program khusus bina diri dengan jelas sehingga tercapai kemandirian untuk siswa tingkat SMP Tunagrahita di SLB ABCD Kuncup Mas. Pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini ialah, pembelajaran bimbingan kemandirian yang dilakukan oleh guru kelas dan guru khusus bina diri yaitu siswa tunagrahita mampu untuk benar-benar memahami dan mengerti serta dapat mempraktekan secara langsung kemandirian dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dan dapat mempraktikan secara langsung kegiatan yang dilakukan dalam seharai-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kemandirian, Bina Diri, Tunagrahita.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:46
Last Modified: 07 Nov 2019 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item