STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS Al-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Hayijehloh, Arimah (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS Al-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA AR.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Strategi pembelajaran mempunyai peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar salah satu strategi yang digunakan agar siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran aktif mempunyai peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Karena strategi pembelajaran aktif mengajak semua siswa untuk berfikir secara aktif menggunakan otak untuk memecahkan sebuah persoalan, tanpa adanya strategi proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik, karena penggunaan strategi yang tepat akan mempercepatkan siswa dalam memahami pelajaran. Dengan adanya strategi pembelajaran aktif proses pembelajaran akan menyenangkan dan dapat mengurangi rasa bosan siswa saat belajar. Strategi yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai strategi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran bahasa Arab di MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Bahwa dalam proses pembelajarannya guru bahasa Arab Ibu Fauziyah, S.Pd. menggunakan strategi pembelajaran aktif berupa Jigsaw, cardsort, reading aload, diskusi, dan bermain peran. Karena dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tersebut antusias siswa sangat baik dan siswa juga berfikir secara aktif tidak monoton. Tidak hanya guru saja yang berperan aktif tapi disini siswa harus ikut serta aktif agar proses belajar mengajar menjadi menyenang dan dapat mudah di pahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Aktif, dan Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:01
Last Modified: 06 Nov 2019 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item