PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER SNI TARI DI MI NEGERI 1 BANYUMAS

NUR AMANAH, 1522405027 (2019) PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER SNI TARI DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NUR AMANAH_PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTIK PADA SISWA MELAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia mempunyai kecerdasan. Kecerdasan merupakan kemampuan yang dibawa sejak lahir. Kecerdasan menjadi ciri khas dan juga suatu kelebihan yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kecerdasan dapat dikembangkan hingga dewasa. Salah satu untuk mengembangkan kecerdasan adalah mengikutsertakan anak melalui kegiatan melalui ekstrakurikuler. Dengan mengikuti ekstrakurikuler disekolah anak dapat mengembangkan kecerdasan yang dimiliknya. Salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang mengembangkan kecerdsan kinestetik adalah ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Negeri 1 Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan penelti adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler seni tari, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan kecerdasan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verivikasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa yang dilakukan melalui kegiatan seni yang memiliki karakteristik yaitu Anak cenderung meyukai kegiatan-kegiatan fisik, anak sering menyentuh dan memegang benda-benda disekitarnya, anak menyukai atau berprestasi dibidang olah raga, anak lebih memahami sesuatu konsep atau sesuatu hal tertentu dengan menggunakan gerakan, Anak menurun gaya orang lain dengan sangat mirip, anak seringkali mengungkapkan adanya perbedaan sensasi fisik saat melakukan aktivitas atau saat berfikir. Dalam hal ini siswa mampu mengembangkan komponen kecerdasan kinestetik dalam ekstrakurikuler seni tari yaitu koordinasi, keseimbangan, kelenturan dan kekuatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kecerdasan kinestetik ekstrakurikuler seni tari.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:28
Last Modified: 06 Nov 2019 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6403

Actions (login required)

View Item View Item