Kompetensi Profesional Guru Di Bustanul Athfal ‘Aisiyah Cabang Bobotsari Kabupaten Purbalingga

Apriani, Diah Rizky (2019) Kompetensi Profesional Guru Di Bustanul Athfal ‘Aisiyah Cabang Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAH RIZKY APRIANI_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Keberadaan guru yang professional tidak perlu ditawar – tawar lagi. Guru yang professional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya. Dalam perspektif kebijakan nasional, pemerintah telah merumuskan empat jenis kompetensi guru, sebagai tercantum dalam penjelasan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Cabang Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Data primer di peroleh melalui wawancara terstruktur, observasi terhadap kegiatan guru, dan dokumentasi, kemudian disajikan bersifat deduktif. Selanjutnya, dianalisis dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, kompetensi professional guru di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah sudah sesuai dengan standar professional guru Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi 1) menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran ditujukan dengan guru mengkombinasikan semua ilmu dasar, menggunakan alat permainan anak sebagai medi. 2) menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan ditujukan dengan cara menyusun Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH) sesuai dengan kemampuan anak. 3) mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif ditujukan dengan cara menggunakan metode dan media yang dapat menarik perhatian anak. 4) mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif di tujukan dengan cara belajar dari berbagai sumber seperti internet, mengikuti seminar, mengikuti workshop dan lain sebagainya. 5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri ditujukan dengan cara setiap harinya memasukan nilai dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi karena di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Cabang Bobotsari system penilaiannya sudah berasis online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Cabang Bobotsari Kabupaten Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:24
Last Modified: 05 Nov 2019 09:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item View Item