POLA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SDN 1 KRANDEGAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Supriyati, Supriyati (2019) POLA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SDN 1 KRANDEGAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, BAB I & V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kenyataan sekarang banyak siswa yang sudah mendapatkan materi pendidikan agama Islam akan tetapi tingkah lakunya masih tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Kejujuran, kebenaran, keadilan, pergaulan bebas, tolong menolong dan kasih sayang sudah tertutup oleh penipuan penindasan saling menjatuhkan saling merugikan berbuat maksiat dan perkelahian diawali saling ejek baik langsung maupun melalui media social.Semua itu akibat dari kecanggihan tekhnologi yang tidak dimanfatkan sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pembentukan kepribadian muslim siswa SD Negeri 1 Krandegan Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknis triangulasi yaitu Triangulasi merupakan proses menemukan kesimpulan dengan mengadakan check and recheck dari berbagai sudut pandang. Dalam penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan antara lain; bahwa upaya dalam pembentukan keribadian muslim terhadap siswa tidak hanya menjadi tanggungjawab guru PAI saja melainkan tanggungjawab seluruh civitas akademik. Adanya kerjasama yang baik antara sekolah, orangtua dan masyarakat dalam membentuk kepribadian anak dan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dalam rangka membentuk kepribadian muslim siswa. Pola dan upaya guru dalam membentuk kepribadian muslim siswa mulai dari Kepala sekolah, para guru dan seluruh warga sekolah terus berupaya sebaik mungkin dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui visi dan misi sekolah, integrasi dalam mata pelajaran, integrasi dalam kegiatan ektrakurikuler dan pengembangan budaya sekolah serta dapat memfasilitasi sekolah dalam pelaksanaan pembentukan kepribadian muslim siswa lebih maksimal lagi. Program Pembiasaan dan pengembangan Budaya Sekolah SDN 1 Krandegan secara khusus mampu membentuk kepribadian anak secara permanen dengan cara menanamkan nilai Islam dalam setiap aktifitasnya sehingga nilai-nilai yang tertatanam benar dan jelas sehingga pada akhimya menjadi kepribadian siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Muslim, dan SD Negeri 1 Krandegan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:27
Last Modified: 04 Nov 2019 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item