DIVERSIFIKASI SEBAGAI STRATEGI KORPORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP SUSTAINABILITY BUSINESS PERFORMANCE (Studi Kasus Pada CV. Rajasa Mas Jaya Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap)

Aqmal, Hari Faishal (2019) DIVERSIFIKASI SEBAGAI STRATEGI KORPORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP SUSTAINABILITY BUSINESS PERFORMANCE (Studi Kasus Pada CV. Rajasa Mas Jaya Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Harry Faishal Aqmal_DIVERSIFIKASI SEBAGAI STRATEGI KORPORASI.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Diversifikasi adalah upaya mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru atau keduanya dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatkan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas. CV. Rajasa Mas Jaya adalah sebuah industri yang telah berhasil melakukan strategi diversifikasi. Berawal dari industri batik khas Maos dengan nama Rajasa Mas hingga pada akhirnya berhasil melakukan diversifikasi produk dengan membuat produk home living berbahan baku perca batik yang dianyam pada sebuah kerajinan yang diberi nama Raja Serayu. Pelaksanaan strategi diversifikasi juga membawa dampak bagi kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan teori Quardrangle Bottom Line (QBL), bahwa sebuah kinerja bisnis yang berkelanjutan (sustainability business performance), harus memperhatikan beberapa faktor baik secara ekonomi, sosial, lingkungan dan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi diversifikasi dilakukan melalui 8 tahapan, diantaranya adalah : adanya ide, penyaringan gagasan, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar dan tahap komersialisasi. Jenis diversifikasi yang dilakukan oleh CV. Rajasa Mas Jaya adalah diversifikasi konglomerat dan konsentris. Pelaksanaan diversifikasi pada CV. Rajasa Mas Jaya juga membawa dampak yang baik bagi keberlangsungan ekonomi, sosial, lingkungan maupun spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi, Quardrangle Bottom Line, Sustainability Business Performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.2 Manajemen Pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 29 Oct 2019 09:55
Last Modified: 29 Oct 2019 09:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item