PENERAPAN METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN AN-NUR DANASRI NUSAWUNGU CILACAP

VIANI DWI EKORINI, NIM. 072331173 (2012) PENERAPAN METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN AN-NUR DANASRI NUSAWUNGU CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
VIANI DWI EKORINI_PENERAPAN METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN AN-NUR DANASRI NUSAWUNGU CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran membaca al Qur’an di Indonesia kini telah banyak mengalami perkembangan hingga tercipta metode-metode pembelajaran al Qur’an kontemporer seperti metode Iqra’, metode An-Nahdhliyah, metode tartili dan metode Qira’ati. Pemilihan dan penggunaan sebuah metode dalam pembelajaran merupakan salah satu cara agar target dan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode Qira’ati dalam pembelajaran al Qur’an di Taman Pendidikan al Qur’an An-Nur Danasri Nusawungu Cilacap. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data disajikan dalam bentuk analisis data kualitatif, artinya menekankan analisis pada proses penyimpulan deduktif induktif. Pelaksanaan pembelajaran al Qur’an dengan menggunakan metode Qira’ati menuntut siswa untuk dapat mandiri karena pengajar tidak boleh menuntun atau mengeja bacaan santri. Pengajar berperan sebagai pembimbing, yaitu membimbing santri untuk dapat membaca dengan baik dan membimbing santri ketika melakukan kesalahan dalam membaca. Dari analisis penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran al Qur’an dengan metode Qira’ati di TPQ An-Nur Danasri, yang meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan di TPQ An-Nur Danasri, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Qira’ati dalam pembelajaran al Qur’an sudah dapat terlaksana dengan baik. Penggunaan metode Qira’ati sebagai metode pembelajaran al Qur’an sangat sesuai dengan karakteristik santri TPQ An-Nur Danasri. Terlaksananya penerapan metode Qira’ati dalam pembelajaran al Qur’an di TPQ An-Nur Danasri terlihat dari usaha-usaha para pengajar al Qur’an, kegiatan para pengajar al Qur’an selama pembelajaran serta kepraktisan buku Qira’ati sebagai sarana pembelajaran santri. Kata kunci: Metode Qira’ati, Pembelajaran Al Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:54
Last Modified: 02 Aug 2016 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item