PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ISLAM TELADAN AL FATTAH SUMAMPIR PURWOKERTO UTARA BANYUMAS

Khomsatun, Khoeriyah (2019) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ISLAM TELADAN AL FATTAH SUMAMPIR PURWOKERTO UTARA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KHOMSATUN KHOERIYAH_PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ISL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Anak pada usia emas (Golden Age) mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Masa ini sangat tepat untuk menanamkan pondasi pertama untuk mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan seperti fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosio-emosional, agama dan moral, seni serta soft skill lain. Karakter disiplin dan mandiri pada anak juga sangat penting untuk ditanamkan karena soft skill tidak dapat terbentuk secara instan. Penelitian ini mengkaji tentang pananaman karakter disiplin dan mandiri anak usia dini kelompok B di TK Islam Teladan Al Fattah Sumampir Purwokerto Utara Banyumas. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Dalam analisa data peneliti menggunakan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penanaman karakter disiplin dan mandiri anak usia dini kelompok B di TK Islam Teladan Al Fattah Sumampir Purwokerto Utara Banyumas dilakukan melalui berbagai kegiatan yang di dalamnya menanamkan karakter disiplin dan mandiri. Berikut karakter disiplin disiplin saat berangkat sekolah, disiplin mengikuti kegiatan pagi ceria, disiplin masuk kelas, disiplin praktek sholat, disiplin membaca iqra, disiplin mengikuti KBM di sentra, disiplin istirahat, menaati peraturan bermain, disiplin menggunakan WC, disiplin persiapan pulang. Sedangkan karakter mandiri seperti anak mandiri berangkat sekolah, mandiri masuk kelas, mandiri praktek sholat, mandiri mambaca Iqra, mandiri saat KBM di kelas sentra, mandiri istirahat, mandiri menggunakan WC, dan mandiri saat persiapan pulang. Adapun strategi yang digunakan adalah strategi rutin, strategi spontan, strategi keteladanan dan strategi pengondisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter Disiplin dan Mandiri, Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Oct 2019 00:12
Last Modified: 29 Oct 2019 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item