PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VI B DI MI NEGERI 2 BANYUMAS

Hidayatulloh, Irvan Nur (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VI B DI MI NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IRVAN NUR HIDAYATULLOH_PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHAD.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Sebuah pendidikan karakter pada siswa sangat di pengaruhi oleh pola asuh orang tua, karena pendidikan yang pertama terdapat pada orang tua. Orang tua adalah guru moral pertama anak-anak, pemberi pengaruh yang dapat bertahan lama. Ketika di rumah orang tua terkadang tidak memperdulikan akan kedisiplinan anaknya dan orang tua hanya membuat menegur jika saya tidak disiplin dalam belajar. Hal tersebut sangatlah berdampak negative terhadap kedisiplinan siswa, karena kelas VI B merupakan kategori kelas tinggi dalam sekolah dasar harusnya sudah memiliki sifat disiplin yang cukup baik, namun pola asuh orang tua yang membuat anak cenderung tidak memiliki sikap disiplin saat di sekolah banyak siswa yang masuknya terlambat dan juga tidak menggunakan atribut sekolah yang lengkap, dan banyak juga siswa yang melanggar peraturan sekolah. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas VI B di MI Negeri 2 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Obyek dari penelitian ini adalah pola asuh yang diberikan oleh orang tua siswa MI Negeri 2 Banyumas. Jumlah sampel 24 siswa kelas VI B. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode kuesioner atau angket, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Kemudian untuk teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas VI B di MI Negeri 2 Banyumas. Pada persamaan Y = 47.931 + 0,150 X menyatakan jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X, maka nilai variabel Y adalah 47.931. Koefisien regresi sebesar 0,150 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena bertanda +) satu nilai pada variabel X akan memberikan kenaikan skor sebesar 0,150. Besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas VI B di MI Negeri 2 Banyumas adalah 39,0%. Dari ketiga jenis pola asuh yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Diperoleh hasil bahwa pola asuh demokratis memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kedisiplinan siswa kelas VI B di MI Negeri 2 Banyumas hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi R Square sebesar 0,275. Sedangkan untuk pola asuh otoriter memiliki koefisien determinasi R Square ebesar 0,187 dan permisif memiliki koefisien determinasi R Square sebesar 0,190.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Siswa, MI Negeri 2 Banyumas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Oct 2019 10:31
Last Modified: 28 Oct 2019 10:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6281

Actions (login required)

View Item View Item