PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT

Juarsih, Ipit (2019) PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IPIT JUARSIH_PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGI.pdf

Download (457kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pengembangan bakat dan minat seni musik merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Karena bakat dan minat merupakan kemampuan atau potensi yang harus dikembangkan untuk mengarahkan seseorang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Setiap anak yang memiliki bakat dan minat dalam bidang seni musik, perlu dikembangkan dan dibina dengan bertujuan meningkatkan kreativitas anak. Maka dari itu kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat seni musik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif- kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala MI Darul Hikmah Bantarsoka, Guru Pembimbing ekstrakurikuler seni musik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Darul Hikmah Bantarsoka merupakan salah satu madrasah yang berhasil melaksanakan pengembangan bakat dan minat seni musik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hal yang pertama dilakukan untuk mengembangkan bakat dan minat seni musik siswa yaitu dengan melakukan proses identifikasi terhadap siswa berbakat yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap studi kasus, pemberian angket, dan pemilihan oleh guru. Setelah melakukan proses identifikasi maka siswa masuk ke dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik sesuai dengan hasil proses identifikasi, maka masing-masing siswa melaksanakan kegiatan pengembangan bakat dan minat seni musik dengan latihan secara rutin disetiap minggunya dengan perasaan senang dan antusias yang tinggi, kemudian siswa lebih mudah dalam memahami segala materi yang diberikan oleh pelatih sehingga bakat dan minat siswa dapat berkembang yang ditunjukan dengan penampilan-penampilan di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakat, Minat, Seni Musik, Ekstrakurikuler, MI Darul Hikmah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.7 Student Welfare
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Oct 2019 10:11
Last Modified: 28 Oct 2019 10:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6280

Actions (login required)

View Item View Item