Upaya Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Penalaran Moral Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas

Esti, Asrifah (2019) Upaya Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Penalaran Moral Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
skripsi full ESTI ASRIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penalaran moral merupakan poin penting dalam perkembangan moral. Menerapkan nilai-nilai penalaran moral anak usia dini ditujukan agar anak mampu berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku. Sehingga untuk kedepannya dapat diperoleh atau dibentuk anak dengan kepribadian yang baik dan santun. Dalam menerapkan nilai-nilai penalaran moral perlu dukungan dari berbagai pihak seperti halnya guru di sekolah dan orangtua di rumah. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Judul penelitian ini “Upaya Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Penalaran Moral Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas”, memiliki rumusan bagaimana upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai penalaran moral anak usia dini di TK Pertiwi Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai penalaran moral anak usia dini di TK Pertiwi Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian naturalistik (naturaal setting). adapun teknik penggumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Peserta didik TK Pertiwi Karangpetir sebagai subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai penalaran moral anak usia dini di lembaga pendidikan anak usia dini khususnya TK Pertiwi Karangpetir dapat diberikan pada saat kegiatan pembelajaran, maupun ketika peserta didik berperilaku kurang sesuai dengan aturan. Upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai penalaran moral dapat dilakukan dengan pembiasaan berperilaku baik, pendisiplinan terhadap aturan, pengawasan, peneguran dan pemberian nasehat, pemberian tugas, motivasi dan dongeng, bermain dan bernyanyi, serta kerja sama dengan orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Penalaran Moral, Nilai-Nilai Penalaran Moral, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Oct 2019 01:26
Last Modified: 28 Oct 2019 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item