MANAJEMEN OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Maqnun, Hendro Johar (2019) MANAJEMEN OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANAJEMEN OPTIMALISASI PENGGUNAAANSARANA DAN PRASARANA DI SM.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kesungguhan lembaga pendidikan dalam menyiapkan sarana dan prasarana adalah faktor yang sangat penting dalam pendidikan dan menjadi satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan selain merancang kurikulum atau menyediakan tenaga pendidik yang berkualitas. Begitu pentingnya setiap institusi berusaha memenuhi sarana dan prasarana sesuai standar pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya optimalisasi dalam penggunaan sarana dan prasarana pendidikan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang efisien, efektif, dan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana manajemen optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana dan siswa SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan metode penelitiannya melalui wawancara dengan subjek yang ditentukan, observasi, dan dokumentasi terhadap data-data. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis mengunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen optimalisasi pengunaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas berjalan dengan efisien, efektif, dan maksimal. Bukti terlaksananya manajemen optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana diinstansi tersebut meliputi memahami petunjuk penggunaan sarana dan prasarana, adanya kegiatan pemahaman petunjuk pengunaan ruangan dan barang melalui tulisan yang terpasang di setiap ruangan maupun barang serta melalui lisan. Kemudian pengaturan perlengkapan sekolah, adanya penataan gedung yang rapi sesuai tingkatan kelas, penataan perabot dan inventarisasi. Selanjutnya pemeliharaan perlengkapan sekolah, yang meliputi pemeliharaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Tangungjawab dalam pengunaan sarana dan prasarana, penanaman sikap tanggungjawab melalui program kelas mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana, Prasarana, Optimalisasi, Penggunaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:37
Last Modified: 25 Oct 2019 08:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item