PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 01 CILACAP

Zaein, Asmah Amalia (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 01 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ASMAH AMALIA ZAEIN_PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PSUTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pendidikan sekolah dasar pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan enam tahun bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Dalam suatu proses belajar mengajar dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pengajaran. Pengajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Media yang akan digunakan dalam proses pengajaran itu juga memerlukan perencanaan yang baik. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang ada di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau lokasi penelitian suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala obyektif yang terjadi di lokasi tersebut. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Gambaran Umum Suasana Pembelajaran di MI Ya BAKII kesugihan 01 Cilacap: a) Pembelajaran berlangsung satu kali pertemuan dalam seminggu, yaitu pada hari rabu dengan tiga jam mata pelajaran yaitu jam ke 5, jam ke 6 dan jam ke 7 dengan materi ajar silabus yang telah ditetapkan. b) Persiapan yang dilakukan guru sebelum mengajar sebagai berikut: 1) Menyiapkan Materi 2) Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3) Media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran memerlukan perencanaan yang baik 4) Evaluasi dalam pembelajaran untuk memperoleh informasi tentang perolehan secara menyeluruh, baik pengetahuan, konsep, nilai, maupun proses. 2. Penerapan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap dengan metode penerapan media uang asli dengan langkah a) Perencanaan dalam hal ini adalah mempersiapkan segala sesuatu yang mendukung kegiatan pembelajaran dengan metode penerapan media uang sebagai media, tongkat sebagai model pembelajaran. b) Pelaksanaan dalam hal ini adalah melaksanakan kegiatan belajar dengan menggunakan media uang asli, yaitu belajar mengenai sejarah uang, penggunaan uang dan jenis-jenis uang, dikenalkan juga nilai uang dari pecahan yang terkecil sampai dengan yang terbesar berikut dengan ciri-cirinya agar siswa nantinya termotivasi dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media dan Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:22
Last Modified: 24 Oct 2019 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item