PENGAMALAN IBADAH SHALAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KENTENG KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SITI MUTMAINAH, NIM. 082334242 (2011) PENGAMALAN IBADAH SHALAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KENTENG KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SITI MUTMAINAH_PENGAMALAN IBADAH SHALAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KENTENG KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010-2011.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Diantara upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ibadah shalat adalah dengan cara siswa diberi buku catatan amaliah shalat wajib lima waktu dan shalat sunat yang ditandat tangani oleh iman setelah siswa menunikan ibadah shalat wajib lima waktu. Adapun untuk shalat sunat sebagai bukti telah menjalankannya apabila pelaksanaanya di sekolah ditanda tangani oleh guru pendidikan agama Islam namun apabila pelaksanaannya di rumah ditanda tangani oleh orang tua siswa. Dalam keber-Islaman menunjukan keseriusannya untuk mengamalkan ajaran agama Islam, Sehingga memiliki corak yang khas dibandingkan dengan sekolah-sekolah umum yang ada disekitarnya. Hal ini terlihat dari para siswi yang seluruhnya diwajibkan untuk menjalankan shalat wajib dhuhur di sekolah dan siswa diwajibkan membawa perlengkapan alat shalat ketika berangkat sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non experimen dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses pengumpulan data berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Tiga komponen analisa interaktif tersebut yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktifitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data. Bedasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang peningkatan pengamalan ibadah shalat adalah kegiatan keagamaan, pembinaan moral keagamaan siswa yang dilakukan oleh guru dilakukan secara terpadu mengharuskan guru untuk merencanakan penanam nilai-nilai moral dalam satuan pelajaran yang dibuatnya. Selanjutnya menciptkan suasana religius yang berkaitan dengan lingkungan fisik, suasana religius yang berkaitan dengan lingkungan psikologis, dan Suasana religius yang berkaitan dengan lingkungan sosiokultur. Cara yang diterapkan guru dalam peningkatan pengamalan ibadah shalat melalui konsep belajar di mana guru menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Guru mengarahkan agar siswa mengerti apa makna belajar shalat, gerakan shalat yang benar serta bacaan-bacaan dalam shalat dan bagaimana mengamalkan shalat dengan khusu dalam kehidupan sehari-hari mereka akan sadar bahwa yang mereka pelajari akan berguna bagi hidupnya nanti. Kata kunci : Pengamalan badah shalat di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:53
Last Modified: 02 Aug 2016 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item