KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS II MI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

ALIFAH, RIFQI AL QUROATU’AINI (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS II MI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ALIFAH RIFQI AL QUROATU’AINI_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru sangat berpengaruh menghantarkan siswa menuju perubahan dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat mudah memahami materi pelajaran yang akan dicapai. Tugas guru meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengajar berarti meneruskan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa. Oleh karena itu sangat penting untuk guru melakukan dan memiliki kompetensi pedagogik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas II MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru kelas II. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kelas II MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas sudah baik diantara indikasinya yaitu dalam hal menguasai karakteristik peserta didik guru melakukan pengamatan dan penilaian pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik guru telah melakukan upaya menggunakan pendekatan dan metode yang mendidik dalam pembelajaran. Mengembangkan kurikulum/silabus guru telah melakukan upaya dengan merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan silabus. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yaitu dengan cara guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Mengembangkan potensi peserta didik yaitu dengan cara peserta didik diikut sertakan dalam ekstrakurikuler di sekolah. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun yaitu guru memberikan pertanyaan yang bersifat terbuka pada peserta didik. Penilaian dan evaluasi yaitu guru menyusun penilaian tertentu yang sesuai dengan ketentuan dalam rencana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, MI Ma’arif NU Sawangan Wetan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:23
Last Modified: 16 Oct 2019 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6219

Actions (login required)

View Item View Item