KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK IBADAH SHALAT SISWA KELAS VI MI COKROAMINOTO WANALABA, TWELAGIRI KEC. PAGEDONGAN KAB. BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NURIMAH, NIM. 062638054 (2011) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK IBADAH SHALAT SISWA KELAS VI MI COKROAMINOTO WANALABA, TWELAGIRI KEC. PAGEDONGAN KAB. BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
N U R I M A H_KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR FIQIH DENGAN PRAKTIK IBADAH SHALAT SISWA KELAS VI MI COKROAMINOTO WANALABA, TWELAGIRI KEC. PAGEDONGAN KAB. BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010-2011.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Basis kompetensi mata pelajaran fiqih yang dikembangkan di madrasah diarahkan pada pertumbuhan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, penguasaan kemampuan akademik, seni dan pengembangan kepribadian yang paripurna. Dengan pertimbangan ini maka guru menyusun program pembelajaran fiqih yang mencerminkan kebutuhan keberagamaan peserta didik di madrasah. Untuk itu penulis bermaksud mengkaji adakah hubungan antara prestasi belajar fiqih dengan praktek ibadah shalat siswa. Selanjutnya penulis ingin membuktikan apakah ketaatan siswa pada ibadah shalat wajib dan shalat dhuha tersebut merupakan hasil proses pendidikan mata pelajaran fikih yang diajarkan oleh para guru atau ada faktor lain. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, Sesuai dengan jenis penelitian tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati, sehingga memungkinkan digunakanya teknik analisis statistik. Sedangkan pendekatan dalam kualitatif, seorang peneliti bekerja dengan informasi- informasi, keterangan-keterangan, dan penjelasan data. Sebagai konsekuensinya, teknik analisis yang digunakan bukan lagi teknik statistik, akan tetapi dengan teknik nonstatistik atau dianalisis dengan prinsip logika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis “Product Moment.” Berdasarkan hasil Hasil dari perhitungan korelasi product moment rxy = 0,824. Setelah dikonsultasikan dengan rtabel product moment pada taraf signifikasi 5% dengan N 30 diperoleh rtabel = 0,361 sedangkan pada taraf signifikasi 1% diperoleh nilai rtabel = 0,463 melihat hasil penyajian data di atas maka dapat dikatakan bahwa rxy (hitung) ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan rt (r tabel) baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1% jika digambarkan maka rt 0361 < 0824 > 0,463. Dengan demikian maka hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara prestasi belajar fikih dengan praktek ibadah shalat siswa Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Wanalaba, Twelagiri Pagedongan dapat diterima. Dengan demikian hipotesa kerja yang diajukan terbukti, karena hasil penelitian membuktikan bahwa ternyata ada korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi belajar fikih dengan praktek ibadah shalat siswa. Kata Kunci : Prestasi belajar fiqih dapat meningkatkan intensitas pengmalan ibadah shalat wajib siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:24
Last Modified: 02 Aug 2016 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item