EVALUASI KOMPETENSI PENDIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KABUPATEN BANYUMAS

RIFQI ABDUL ROSYAD, 1717651013 (2019) EVALUASI KOMPETENSI PENDIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
RIFQI ABDUL ROSYAD_EVALUASI KOMPETENSI PENDIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi merupakan suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk memperoleh sejumlah data mengenai hasil, sekaligus untuk memberikan informasi sejauh mana hasil tersebut telah mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, yang selanjutnya dijadikan acuan untuk perbaikan proses selanjutnya. Evaluasi pendidik hendaknya dilakukansecaracontinue disemua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Dalam pendidikan, pendidik menjadi komponen yang sangat penting. Maka dari itu kompetensi guru harus selalu di evaluasi guna peningkatan mutu lembaga pendidikan.Adapun dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat evaluasi kompetensi pendidik di tingkat dasar/ Madrasah Ibtidaiyah karena ditingkat inilah pendidik harus benar-benar dituntut menguasai kompetensi untuk menanamkan pondasi dasar yang kuat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pendidik di Kabupaten Banyumas yang ditinjau dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 dan memfokuskan evaluasi kompetensi sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianevaluatif, subjek penelitiannya adalah Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Pengawas PAI, Kepala Madrasah danguru Madrasah Ibtidaiyah di kabupaten Banyumas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah observasi, kuiesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguasaan kompetensi secara umum pendidik Madrasah Ibtidaiyah di kabupaten Banyumas sudah baik/ menguasai dengan dibuktikan dengan skor kompetensi pedagogik 32,59 sangat baik, kompetensi kepribadian 35,27 sangat baik, kompetensi sosial 33,04 sangat baik, dan kompetensi profesional 30,93baik. Namun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi yaitu dari segi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, rendahnya budaya penulisan karya ilmiah, dan dari segi kompetensi sosial masyarakat guru kurang berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat hal ini disebabkan kurang optimalnya peran guru sebagai petugas kemasyarakatan, guru sebagai pendidik masyarakat, penggerak potensi, sebagai manager di masyarakat, penengah konflik, dansebagai pemimpin kultural. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya pemahaman guru terhadap tugas dan fungsinya di masyarakat, kurangnya pengetahuan keagamaan pendidik, kurangnya pengalaman berorganisasi, faktor pribadi pendidik, faktor lingkungan pendidik dan faktor perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pendidik,Kompetensi Pendidik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:26
Last Modified: 03 Oct 2019 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item