PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KALISARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

TIFFANY DIKA PERMATA, NIM: 1123308011 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KALISARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (223MB) | Preview
[img] Text
TIFFANY DIKA PERMATA_PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KALISARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dalam pelaksanaannya masih menghadapi berbagai tantangan dan kritik dari berbagai pihak, di antaranya adalah PAI lebih berkonsentrasi pada persoalan teoritis keagamaan yang bersifat kognitif semata, metode pembelajaran PAI tidak kunjung berubah dan monoton, pendekatan PAI cenderung normatif, kurang tercipta suasana hubungan yang kritis-dinamis yang dapat berimplikasi pada peningkatan daya kreativitas. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI. Dari permasalahan di atas, penulis termotivasi untuk mengangkat dan mendalami terkait penerapan pembelajaran PAI melalui pendekatan kontekstual yang telah diterapkan di SD Negeri 1 Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran PAI di SD SD Negeri 1 Kalisari, sudah berjalan cukup baik. Dari 7 (tujuh) komponen yang ada di dalam pendekatan kontekstual, guru PAI telah menggunakan 5 (lima) komponen dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di kelas ataupun di luar kelas di antaranya: inquiry, bertanya, learning community, refleksi dan authentic assessment. Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI melalui pendekatan kontekstual, terdapat empat hal yang dilakukan guru, yaitu: (1) melakukan pengkondisian kelas, (2) menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengkombinasikannya dengan baik sesuai dengan materi yang diajarkan, (3) menggunakan media pembelajaran, (4) memberikan apresiasi dalam setiap keberhasilan yang dicapai siswa. Dalam evaluasi pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual, telah terlaksana sesuai dengan konsep penilaian berbasis otentik, yaitu meliputi dua jenis penilaian, yaitu penilaian terhadap hasil belajar siswa dan penilaian terhadap proses belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Kontekstua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:29
Last Modified: 02 Aug 2016 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item