MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BREBES DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 BREBES

Baridin, NIM. 1717651021 (2019) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BREBES DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Baridin_Tesis.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran strategis untuk membangun generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademis, namun juga unggul dalam moral. Apabila pendidikan karakter ini tidak dikelola dengan baik, maka tujuan yang dicitakan bisa tidak tercapai antara lain dengan dominasi pengembangan kemampuan intelektual akademis semata sehingga perlu dilakukan pengelolaan pendidikan karakter dengan baik. MIN 4 Brebes dan MIN 6 Brebes merupakan lembaga pendidikan yang telah berupaya tidak hanya sekedar mengelola namun juga melakukan pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya madrasah. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimanakah manajemen kepala madrasah dalam pengembangan pendidikan karakter di MIN 4 Brebes dan MIN 6 Brebes melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan budaya madrasah. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan merupakan teknik analisis data yang digunakan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan manajemen kepala madrasah dalam pengembangan pendidikan karakter di MIN 4 Brebes dan MIN 6 Brebes dilakukan melalui: Pertama, kegiatan intrakurikuler, yakni dengan penyusunan RPP berbasis karakter pada semua mata pelajaran agar mendukung pencapaian visi dan misi madrasah yang dilakukan melalui penentuan tujuan pembelajaran dan nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan, perumusan situasi yang ada melalui pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang relevan, dan pengembangan kegiatan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai karakter. Kedua, kegiatan ekstrakurikuler, yakni melalui penentuan jenis kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat siswa sekaligus penentuan nilai-nilai karakter pada tiap jenis esktrakurikuler oleh pembina. Wali siswa MI Negeri 4 Brebes berperan secara langsung dengan menjadi pelatih salah satu jenis ekstrakrikuler dan wali siswa MI Negeri 6 berpartisipasi berpartisipasi melalui pemberian saran tentang bakat minat putra-putrinya. Ketiga, budaya madrasah di mana secara umum terbagi menjadi budaya guru dan budaya siswa dan dalam penyusunannya dilakukan melalui penentuan nilai-nilai karakter melalui musyawarah dengan berdasarkan pembiasaan dan keteladanan. Adapun pengawasan dilakukan melalui peneguran dan pemberian nasihat, baik secara langsung maupun tidak langsung kepada siswa yang melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepala Madrasah, dan Pengembangan Pendidikan Karakter.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:13
Last Modified: 30 Sep 2019 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item