KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENGELOLA MODEL PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA AISYIYAH AL-WALIDAH BANJARSARI, AJIBARANG BANYUMAS

Evi Muzaenah, 1522402007 (2019) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENGELOLA MODEL PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA AISYIYAH AL-WALIDAH BANJARSARI, AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
EVI MUZAENAH_KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA MODEL PEMBELAJARAN SISWA TUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam pendidikan. Selain itu guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator, dan sekaligus pusat inisiatif pembelajaran. Guru menjadikan seseorang yang pada awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang pada awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Oleh karena itu guru penting untuk melaksanakan kreativitas dalam mengelola model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kreativitas guru dapat terlaksana dari guru yang kreatif. Guru kreatif akan berusaha menciptakan lingkungan proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Aisyiyah Al-Walidah Banjarsari, Ajibarang Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SLB Aisyiyah Al-Walidah Banjarsari, Ajibarang Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa tunagrahita. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis interaktif, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI kelas tunagrahita SLB Aisyiyah Al-Walidah Banjarsari, Ajibarang Banyumas sudah berkreativitas menjalankan pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa yang berkebutuhan khusus tunagrahita yaitu dengan model pembelajaran ceramah, model pembelajaran picture and picture, model pembelajaran tanya jawab dan model pembelajaran di alam dengan baik dan dalam kualifikasinya sudah memenuhi standar Kualifikasi Akademik karena beliau sudah S1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Model Pembelajaran, Siswa Tunagrahita, SLB Aisyiyah Al-WalidahBanjarsari.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Sep 2019 03:44
Last Modified: 18 Sep 2019 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item