IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BAKTI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

EniTriyanti, 1522402097 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BAKTI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ENI TRIYANTI_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PEND.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalamduniapendidikanuntukmencapaitujuanpendidikan yang sesuaidenganharapanpemerintahdiperlukankurikulum yang mampumencapaitujuantersebut.Di Indonesia kurikulum yang digunakanmengalamibeberapapengembangankurikulum, hinggasaatinikurikulum yang digunakanyaitukurikulum 2013.Kurikulum 2013 berperanpentingdalampendidikan agama Islam di SMK BaktiPurwokerto.Dalamkurikulum 2013 pendidikdiharapkanmampumenguasaiberbagai model ataumetodepembelajaran yang kreatifdaninovatif agar mampumembuatpesertadidiklebihmemahamiapa yang disampaikandanmembuatpesertadidiklebihaktifdalampembelajaran. Dalamkurikulum 2013 pendidikdituntutuntukmampumenciptakanpembelajaran yang efektifdanbermakna agar pesertadidikmampumemahamiapa yang telahdisampaikan. Untukmenciptakanpembelajaran yang efektifdanbermaknapendidikharusmampumerancangpembelajarandenganbaik, melaksanakanpembelajaran yang sesuaidengantujuannya, danmelakukanevaluasidalamsetiappembelajaran.Melaluipendidikankarakterdalamkurikulum 2013 diharapkanmampumemberikandampakatauhasil yang baikterhadappembentukankarakterpesertadidik di masa yang akandatang. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniyaitupenelitiankualitatifdeskriptif, denganteknikpengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi. Data yang telahdiperolehselamapenelitiandianalisisdengancara, mereduksi data, menyajikan data danmenarikkesimpulandarihasilpenelitiantersebut. Dari hasilpenelitianditemukanbahwa, dalamimplementasikurikulum 2013 matapelajaranpendidikan agama Islam di SMK BaktiPurwokertoKabupatenBanyumas, sudahberjalandenganbaik.Dalampembelajaranmelaluitigatahap, yaitu: tahapperencaan, tahappelaksanaan, dantahappenilaian. Keberhasilanselama proses pembelajarantersebutditentukanolehkemampuanpendidikdalammengolahtigatahaptersebut di dalamkelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, PembelajaranPendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:02
Last Modified: 13 Sep 2019 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item