PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Oktaviana Prastiwi, 1522405029 (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
OKTAVIANA PRASTIWI_PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak, termasuk dalam meningkatkan motivasi belajar anaknya pada proses belajar. Orang tua adalah pendidik sejati, pendidik karena kodratnya. Kepribadian anak dikemudian hari tergantung bagaimana cara orang tua dalam mendidiknya. Apabila anak sejak kecil sudah diajarkan kedisiplinan dan ketekunan dalam belajar maka akan berpengaruh kepada anak dimasa yang akan datang. Demikian bimbingan, asuhan dan peranan orang tua ikut membentuk motivasi belajar bagi anak. rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif NU Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan antara lain dengan memberikan buku-buku penunjang kegiatan belajar, puzzle pendidikan, dan menyediakan tempat belajar khusus, orang tua selalu mendampingi, mengawasi, memberikan arahan anak ketika sedang belajar, memberikan hadiah dan pujian pada anak, dan menentukan waktu belajar pada siang hari, sore hari dan malam hari. Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Motivasi, Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Motivasi, Belajar, Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:18
Last Modified: 11 Sep 2019 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item View Item