PENGARUH PENGGUNAAN METODE REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO UTARA

Afifatul Khikmah, 1522407001 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL AFIFATUL KHIKMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih rendah. Guru harus mengulang-ulang penjelasan agar materi dapat dipahami oleh siswa. Kebanyakan siswa hanya paham dan hapal suatu konsep, mereka belum mampu mengaplikasikan konsep tersebut ketika diberi soal yang berbeda dari contoh. Oleh karena itu, guru harus menggunakan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru adalah metode RME (Realistic Mthematics Education). Metode RME merupakan metode yang berorientasi pada pengalaman sehari-hari siswa. Dengan berorientasi pada masalah sehari-hari maka pembelajaran akan lebih bermakna dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-hidayah Purwokerto Utara. Instrumen kemampuan pemahaman matematis siswa berupa tes berbentuk essay. Materi yang digunakan adalah segitiga. Analisis data menggunakan uji N-gain. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji N-gain, diperoleh rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 0,191 dan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,495 yang berarti termasuk peningkatan dalam kategori rendah pada kelas kontol dan peningkatan dalam kategori sedang pada kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan metode Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII MTs Al-hidayah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Metode Realistic MathematicsEducation, Uji N-Gain
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:44
Last Modified: 03 Sep 2019 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item