PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG

ZAENAL MUTTAQIIN, NIM. 092338081 (2014) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ZAENAL MUTTAQIIN_PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Dalam konteks pembelajaran, media TIK dapat dijadikan sebagai sumber belajar.Sumber belajar adalah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan dan diperlukan untuk membantu pengajar maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran. Sumber belajar dipilih berdasarkan kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi dasar.Sumber-sumber belajar sebaiknya bervariasi agar memberikan pengalaman yang luas kepada peserta didik. Penggunaan sumber belajar yang tepat akan menunjang keefektifan proses pembelajaran. Permasalahandalampenelitianiniadalah: Bagaimana pemanfaatan sumber belajar berbasis TIK dalam pembelajaran Al-Qur’an Haditspada siswa MA Salafiyah Karangtengah?. Penelitianiniadalahtergolongjenispenelitiandeskriptifkualitatif yang pendekataninidigunakankarena data yang dikumpulkanberupa kata-kata danbukanangka-angka.Berdasarkansifatmasalahnyapenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Penelitiandeskriptifmerupakanmetodepenelitian yang berusahamenggambarkandanmenginterpretasikanobjeksesuaiapaadanya. Adapunmetodepengumpulan data yang dipakaiantaralain; metodeobservasi, interview dandokumentasi. Hasildaripenelitianinidapatdisimpulkan; bentuk-bentuksumberbelajar TIK di MA salafiyahmeliputi; pertama, software (perangkatlunak) terdiridari; software Qur’an in word, Holy qur’an, ensiklopedihadits. Kedua, website yang terdiridari; al-qur’an online danaplikasihadits online.Ketiga, E-bookmateri Al-Qur’an Hadits.Daampemanfaatan TIK di MA menggunakan model tutorial dan drill.Dalampelaksanaannyadilakukandenganduacara; pertama, guru mengajarkanmateri Al-Qur’an Haditsdengan media TIK. Kedua, dengancarapenugasanterbimbingbaikindividumaupunkelompok. Pemanfaatan TIK dalampembelajaran Al-Qur’an Haditsberdampakpadahasilbelajarsiswa, terlihatadanyapeningkatandalam proses belajarmengajar, bukanhanyapesertadidiktapipendidikjugalebihtermotivasidalammeningkatkankwalitaspengetahuantentang TIK danakhirnyaprestasibelajarpesertadidikdapatmeningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:35
Last Modified: 01 Aug 2016 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item